Thursday, February 19, 2015

Bahasa karya ilmiah

Bahasa karya ilmiah
Karya ilmiah harus menggunakan Bahasa ilmiah , yakni Bahasa resmi yang digunakan dalam bidang keilmuan. Bahasa keilmuan tentu bukan Bahasa pergaulan sehari-hari atau Bahasa popular yang disajikan di berbagai media. Karena karya ilmiah terbatas pembaca dan medianya, maka Bahasa yang digunakannya lebih terbatas pula, mungkin hanya dipahami oleh merka yang memiliki bidang ke ilmuan yang sama.

Secara umum , Bahasa ilmiah dalah bahsa Indonesia yang baku (resmi) dan mengandung hal-hal teknis yang sesuai dengan bidang keilmuannya. Bahasa yang  demikian memiliki karakteristik-karakteristik berikut:

Kecedekiaan  : Bahasa karya ilmiah harus mengandung sebuah bidang keilmuan (cendekia) melalui pertanyaan yang tepat.

Lugas dan jelas : Bahasa karya tulis ilmiah harus disajikan  dalam Bahasa yang memilki makna yang jelas, tidak bertele-tele dan tidak bermakna ganda. Bahasa digunakan harus pasti dan memberikan kepastian kepada pembaca.

Formal dan objektif : Bahasa karya ilmiah harus disajikan secara formal, baik dalam hal penggunaan kosakata, diksi, kalimat, dan sistem ejaan yang digunakan . Objektif berarti menyajikan fakta dalam bahasa yang langsung dan tidak berpihak kepada siapapun.

Ringkas dan padat : Bahasa karya ilmiah harus  disajikan secara tingkas, langsung pada sasaran yang dimaksud, dan padat secara isi. Dalam karya tulis ilmiah panjang uraian tidak menentukan baik buruknya sebuah karya tulis . Oleh karena itu , bahsa yang disajikan harus Bahasa yang ringkas dan padat.

Konsisten  : Bahasa yang konsisten adalah Bahasa yang stabil dan mapan dipakai penulis, terutama dalam hal istilah atau penggunaan diksi. Konsistensi istilah dan diksi penting dalam karya ilmiah.

Aspek bahsa yang juga harus diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah adalah terdapat berbagai kesalahan yang dilakukan , misalnya kesalahan penalaran atau logika yang tercermin dalam kalimat dan isi, kesalahan pemakaian dan penulisan kata (diksi), kesalahan dalam penyusunan kalimat dan kesalahan dalam pemakaian ejaan dan tanda baca.

Kesalahan-kesalahan tersebut tentu harus dihindari mengingat akan berpengaruh terjadi karena kurang sistematisnya atau kurang jelasnya informasi yang disampaikan dalam kalimat dan teks tersebut. Wasalam. (http://irwanteamedia.blogspot.com/).

Romeltea Media
Irwantea Media Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment