Thursday, February 26, 2015

Perancangan Karangan tulisan

Kegiatan mengarang merupakan kegiatan bertahap, Menurut Tompkins dan Hoskissin proses dalam pembelajaran menulis adalah sebagai berikut.

Karangan penulisan
1. Prapenulisan (Prewriting)
  Meupakan langkah persiapan untuk menulis. Biasanya para pneulis mempunyai semua topik yang telah dipertimbangkan sebagai sesuatu yang siap untuk mengalir dalam tulisan. Jika para penulis belum memiliki gagsan secara penuh . Mereka dapat berdiskusi dan membaca untuk melihat apa yang harus mereka ketahui dan apa yang bisa mengarahkan ide mereka.

Dalam prapenulisan penulis hendaknya.(a).Menentukan /memilih suatu topik berdasarkan  pengalaman.(b). Mempertimbangkan tujuan, bentuk, tulisan, dan pembaca.

2. Menyusun Draf ( Drafing)
  Menulis gagasan melauli suatu rangkaian draf. Draf tulisan ini lebih ditekankan pada isi banding urusan mekanik.  Karena hal mekanik dapat dilakukan pada saat pengeditan.
Meninjau Ulang (Revising)

Sepanjang langkah meninjau ulang , para penulis menyempurnakan gagasan dalam tulisan mereka.Bagaimana pun,para penulis membutuhkan orang lain untuk mengomentari tulisannya, sehingga dapat meninjau kembali tulisannya atas dasar komentar itu. Revisi dan memenuhi kebutuhan pembaca dengan cara menambahkan , mengganti, menghapus, dan merinci kembali isi.

3. Mengedit (Editing)
 Pada langkah ini, setelah kita fokus pada isi, dilanjutkan pada segi mekanik. kita harus menyempuurnakan  tulisan kita dengan mengoreksi ejaan dan kesalahan mekanik lain. Hasil disini kita akan membuat tulisan yang optimal. 

Mekanik lebih menekankan pada bahasa tulis resmi yang menjadi konvensi. Meliputi kapitalisasi, pemberian tanda baca, ejaan, struktur kalimat, pemakaian diksi dan aturan khusus untuk penulian syair/puisi, catatan, surat, dan penulisan bentuk lainnya.

4. Berbagi (Sharing)
Langkah akhir proses penulisan adalah berbagi, dengan menerbitkan tulisan atau berbagi tulisan dengan pembaca yang sesuai.

 kegiatan mengarang dibagi menjadi tiga tahap, yakni
(1) Tahap kegiatan penulisan (prewriting), 
(2) tahap kegiatan penulisan (writing).
(3) Tahap kegiatan pascapenulisan (pos-writing).
   
Wasalam (http://irwanteamedia.blogspot.com)






Romeltea Media
Irwantea Media Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

2 komentar so far. What are your thoughts?

Anonymous said...

Keren blog nya mas.... mampir juga ya ke tempat saya :D

Unknown said...

biasa saja

Post a Comment